Published On: Tue, Oct 10th, 2017

LMND Serukan Ganyang Perusahaan Tambang PT. Freeport

Aksi LMND Eksekutif Kota Palu menentang PT. Freeport di depan kantor DPRD Sulteng, Selasa (10/10/2017). (Foto: Ist)

PALU, beritapalu.NET | Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) melakukan aksi serentak di 13 provinsi dan 23 kabupaten/kota untuk memprotes manuver perusahaan tambang asal Amerika, PT. Freeport.

Di Sulawesi Tengah, aksi serentak itu dilakukan di dua kabupaten/kota yakni di Eksekutif kota Palu dan Eksekutif kota Poso, Selasa (10/10/2017).

Di Palu, aksi dilakukan di depan kantor DPRD Provinsi Sulawesi Tengah yang diikuti puluhan orang dengan mengusung isu “Ganyang PT. Freeport dan laksanakan pasal 33 UUD 1945”.

Dalam orasinya, Koordinator aksi Rifki mengatakan Sudah saatnya pemerintah bertindak tegas terhadap Freeport yang sudah terlalu lama menggerus kekayan alam Papua namun sedikit pun kesejahteraan tidak didapatkan oleh masyarakat indonesia khususnya Papua.

Mereka juga mendorong pemerintah untuk tegas terhadap pelaksanaan divestasi saham 51 persen  dan mendorong PT. Freeport untuk segera membangun smelter yang sampai hari ini tidak diidahkan oleh perusahaan tambang tersebut.

Mereka juga menuntut menindak tegas atas kerusakan ekologis yang dilakukan oleh Freeport, menghentikan perlakuan khusus terhadap Freeport dalam keringanan pajak, dan mendesak Presiden Jokowi-JK agar menjalankan Trisakti dan Nawacita secara konsekuen.

Pada aksi itu, peserta sangat kecewa terhadap anggota DPRD provinsi Sulawesi Tengah yang tak satu pun berada di kantor DPRD. Mereka bahkan sempat berusha memaksa masuk ke dalam gedung namun tidak diizinkan oleh pihak keamanan dengan alasan semua anggota dewan tidak berada di tempat.

“Saat ini para anggota Dewan tak berada di tempat(gedung DPRD), karena sedang berada di luar kota dalam tugas dinas’’, ujar salah seorang staf kantor DPRD Provinsi Sulteng.

Peserta aksi pun membubarkan diri dan menyatakan akan melakukan konsolidasi massa besar-besaran dan akan mendatangi kembali kantor DPRD dalam jumlah yang besar.(afd/*)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: