Published On: Mon, Oct 9th, 2017

Mapala Santigi dan Relawan Mangrove Tomini Tanam Mangrove di Teluk Palu

Sejumlah warga yang tergabung dalam Relawan Mangrove Tomini dan Mapala Santigi Fisip Untad mendapat penjelasan cara penanaman sebelum melakukan penanaman mangrove di Pantai Talise, Teluk Palu, Sulawesi Tengah, Senin (9/10/2017). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki/17)

PALU, beritapalu.NET | Relawan Mangrove Teluk Tomini (ReMoTT) bersama Mapala Santigi Fisip Untad melaksanakan kegiatan   penanaman mangrove sebagai upaya pemulihan ekosistem mangrove di Teluk Palu, Senin (9/10/2017).

Penanaman yang di pusatkan di dekat pohon mangrove “jomblo” itu adalah sebagai bentuk uji coba untuk pemulihan kondisi ekosistem pesisir pantai yang saat ini sudah mulai mengalami degradasi akibat perubahan fungsi pesisir.

Selain upaya pemulihan kegiatan ini juga sebagai bentuk kampanye dan penyadartahuan kepada masyarakat Kota Palu untuk mulai peduli dengan kondisi wilayah dan lingkungan pesisir teluk Palu. Kegiatan ini juga diharapakan mampu mendorong kebijakan pemerintah kota Palu untuk membuat dan menerapkan regulasi yang berbasis perlindungan dan keberlanjutan pesisir teluk Palu

Menurut Hamzah Tjukunu dari ReMoTT, dalam uji coba ini di tanam 50  propagul/bibit mangrove jenis Rhizopora Mucronata, Rhizopora Apiculata yang merupakan spesies mangrove benteng terluar dari 4 Zona ekosistem mangrove.

Dalam proses uji coba ini akan dilakukan monoring pertubuhan dari mangrove yang ditanam dan melakukan pemeriksaan secara berkala untuk melihat perkembangan pertumbuhan.

Menurut shadiq Maumbu dari Mapala Santigi Fisip Untad Kegiatan ini akan terus berlanjut dan mendapatkan dukungan dari masyarakat Kota Palu dan pemerintah Kota Palu agar teluk Palu bisa terhindar dari abrasi dan pulihnya kembali ekosistem pesisir. (afd/*)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: