Published On: Fri, Aug 11th, 2017

Kerugian Akibar Terbakarnya Pasar Masomba Capai Rp6 Miliar

Pemandangan sisa kebakaran pasar Masomba difoto dengan drone. (Foto drone: Chandra)

PALU, beritapalu.NET | Kebakaran yang melanda pasar tradisonal Masomba Selasa (8/8/2017) malam lalu menimbulkan kerugian yang cukup besar.

Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian materi cukup besar. Berdasarkan perkiraan, kerugian yang diderita pedagang di kawasan pasar itu rata-rata sebesar Rp20 juta. Jika jumlah pedagang yang menjadi korban sebanyak 300 orang, maka diperkirakan kerugian material seluruhnya mencapai Rp6 miliar.

Pihak Kepolisian hingga saat ini belum bisa menentukan penyebab pasti dari kebakaran hebat tersebut karena masih dalam proses penyelidikan.

Walau begitu, sejumlah saksi mata saat peristiwa itu terjadi menyebutkan, api mulai terlihat sekitar pukul 18.50 Wita. Api diduga pertama kali berasal dari sebuah warung makan yang berada di dalam pasar di bagian Selatan. Karena warung tersebut bersebelahan dengan kios penjual pakaian sehingga menyebabkan api begitu cepat membesar dan menjalar ke bagian los pasar lainnya.

Saat kejadian, para pedagang berusaha memadamkan api dengan menggunakan ember dan peralatan seadanya lainnya. Petuga pemadam kebakaran baru tiba dilokasi kejadian setelah satu jam api melalap sebagian pasar tersebut.

Warga yang berkerumun di tempat kejadian menghambat kerja petugas pemadam yang akan memadamkan api yangs edang bergolak.

Sedikitnya empat unit armada pemadam kebakaran yang dibantu tiga unit mobil tangki air tidak mampu untuk mengendalikan api. Setelah berjibaku selama tiga jam, barulah api dapat dikendalikan oleh petugas.

Pasar tradisional Masomba ini telah beberapa kali mengalami peristiwa kebakaran. Terakhir pasar ini pernah terbakar  di 2012 dan mengakibatkan lima orang meninggal dunia dan kerugian materil lainnya. (wan)

 

About the Author

- beritapalu.net | Portal berita online, mengabarkan tentang Palu - Sulawesi Tengah dan sekitarnya...

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: