Published On: Thu, Feb 16th, 2017

Pilkada Serentak di Buol dan Bangkep Dinilai Lancar dan Aman

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudi Sufahriadi bersama Danrem 132Tadulako Kolonel Inf. Muh. Saleh Mustafa meninjau pelaksanaan pencoblosan pada Pilakda Serentak di Kabupaten Buol dan Bangkep, Rabu (15/2/2017). (Foto: Penrem 132 Tadulako)

BUOL, beritapalu.NET | Pelaksanaan Pilkada Serentak di dua kabupaten di Sulteng masing-masing Buol dan Banggai Kepulauan (Bangkep) dinilai berjalan lancar, aman dan tertib tanpa kendala yang berarti.

Demikian penilaian Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi bersama Danrem 132 Tadulako Kolonel Inf Muhammad Saleh Mustafa dalam keterangan persnya dari Buol, Kamis (16/2/2017).

Penilaian itu dikemukakan setelah kedua petinggi Polri dan TNI yang bertanggungjawab atas pelaksanaan pesta demokrasi di Sulteng itu meninjau langsung situasi lapangan selama pelaksanaan pencoblosan di kedua wilayah tersebut menggunakan helikopter, Rabu (15/2/2017).

Tak hanya melihat langsung dari udara, pemantauan darat juga dilaksanakannya termasuk melihat langsung suasana pencoblosan, perhitungan suara di TPS-TPS yang ada.

“Secara keseluruhan berjalan aman, lancar dan tertib. Masyarakat di Kabupaten Buol dan Bangkep berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan aspirasinya guna memilih calon pemimpin daerahnya masing-masing dengan harapan agar siapapun yang terpilih nanti dapat membawa daerahnya menjadi lebih maju dan lebih lagi,” sebutnya.

Ia mengatakan, tidak ada pengumpulan massa ataupun intimidasi dari lihak manapun yang ingin mengganggu jalannya pesta demokrasi ini. Hal ini lanjutnya, membuktikan bahwa seluruh komponen masyarakat telah dewasa dalam berdemokrasi.

Keduanya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama-sama menjaga situasi dan kondisi keamanan agar selalu tetap kondusif baik sebelum, saat dan sesudah pelaksanaan pencoblosan. Menurutnya, situasi seperti ini tidak akan terwujud tanpa peran serta dan kesadaran dari seluruh masyarakat.

Ia juga meminta agar seluruh simpatisan para calon agar kembali berangkulan dan berjabat tangan sebagai sesama saudara anak bangsa untuk bersama mendukung siapapun nanti yang akan keluar sebagai pemimpin di wilayahnya masing-masing.

Apabila ada pihak-pihak yang kurang puas atau merasa dirugikan dalam proses Pilkada maupun penghitungan suara nanti agar dapat menempuh jalur hukum sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, tidak perlu mengerahkan massa untuk menekan pemerintah ataupun KPUD karena hal ini dikhawatirkan dapat menimbulkan ketidakstabilan keamanan di wilayah itu sendiri.

“Sesuai perintah dari Panglima TNI, demi kelancaran pesta demokrasi kali ini, TNI siap mengerahkan kekuatan seberapun diminta oleh pihak Kepolisian disesuaikan dengan kemampuan satuan dan jumlah personil diwilayah masing-masing. Di wilayah Prov Sulteng saya mengerahkan sebanyak 445 org terdiri dari 145 orang di Buol dan 300 orang di Kabupaten Bangkep untuk membantu Polda Sulteng yang pengoperasian kesemuanya di Bawah Kendali Operasi (BKO) Kapolda Sulteng,” imbuh Kolonel Mustafa. (afd/*)

About the Author

-

beritapalu.net | Portal berita online, mengabarkan tentang Palu – Sulawesi Tengah dan sekitarnya…

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: