Published On: Thu, Feb 16th, 2017

KPID Sulteng Apresiasi Radio Mosinggani FM Korem 132 Tadulako

Jajaran KPID SUlteng dan Korem 132 Tadulako foto bersama usai EDP Radio Mosinggani FM, Kamis (16/2/2017). (Foto: Penrem 132 Tadulako)

PALU, beritapalu.NET | Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulteng Hary Azis  menyampaikan apresiasinya atas hadirnya radio komunitas Mosinggani FM oleh Korem 132 Tadulako. Apresiasi itu disampaikan Hary saat menghadiri Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) di Ruang Rapat Merah Putih, Makorem 132 Tadulako,Kamis (16/2/2107).

Menurut Hary, meskipun Korem 132/Tdl adalah institusi resmi dari negara, namun tetap menempuh prosedur perizinan dalam pendirian radio sebagaimana yang telah ditentukan dalam Undang-undang Penyiaran dan Peraturan Menteri Kominfo.

Aturan itu antara lain menyebutkan, pendirian radio diawali dengan pelaksanaan EDP dengan KPID, Kominfo dan Balai Monitoring Spektrum yang ada di daerah. “Hal ini menunjukkan bahwa Korem 132/Tdl beserta jajarannya sangat menghormati seluruh peraturan yang ada berkaitan dengan pendirian sebuah Radio,” sebut Hary.

Radio Mosinggani FM merupakan sebuah radio komunitas yang didirikan oleh Korem 132/Tdl atas inisiatif dari Danrem 132/Tdl Kolonel Inf M. Saleh Mustafa yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang situasi nasional, lokal dan internasional sekaligus sebagai sarana pendidikan dan penanaman kembali rasa cinta tanah air sebagai wujud upaya bela negara kepada masyarakat guna lebih merekatkan kembali rasa persatuan dan kesatuan ditengah-tengah masyarakat.

Menurut Hary, Radio Mosinggani ini merupakan Radio pertama ditahun 2017 yang mengurus penerbitan Izin Siaran di masa kepengurusan KPID Sulteng yang baru dua bulan dilantik oleh Gubernur Sulteng Desember lalu.

Ia berjanji akan membantu mempercepat proses penerbitan izin siaran sesuai dengan Perintah Presiden RI melalui Menteri Kominfo agar setiap pihak yang mengajukan permohonan izin siaran Radio Komunitas khususnya di bidang Belanegara dan Pendidikan agar menjadi skala prioritas untuk diterbitkan.

Sementara itu, Kasrem 132/Tdl Letkol Inf Andrian Susanto dalam sambutannya mewakili Danrem dalam acara itu mengatakan, kemajuan dunia media saat ini sangat membantu tersampaikannya informasi tentang perkembangan situasi wilayah baik lokal maupun nasional kepada masyarakat.

“Akan tetapi perkembangan ini tidak diiringi dengan keakuratan dan kebenaran informasi karena banyaknya beredar berita-berita hoax yang dapat menyesatkan masyarakat, oleh karenanya perlu suatu wadah ataupun sarana penyampaian informasi yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan dalam penyampaian informasi kepada publik seperti Radio Mosinggani FM Korem 132/Tdl,” sebut Kasrem.

Hanya seluruh pihak yang berkaitan dengan Evaluasi Dengar Pendapat ini memberikan masukan agar dalam siarannya nanti program Acara agar tidak monoton dan harus memuat nilai-nilai seluruh agama yang ada dan adat istiadat lokal Sulawesi Tengah serta mengadakan dialog interaktif dengan seluruh komponen masyarakat diseputar wilayah Kota Palu sesuao dengan radius jangkauan frekwensi Radio Komunitas itu sendiri nantinya.

Di akhir EDP dilaksanakan penandatanganan naskah Berita Acara Evaluasi Dengar Pendapat dan penyerahan Naskah Berita Acara tersebut dari Ketua KPID Sulteng kepada Kasrem 132/Tdl.

Acara EDP tersebut dihadiri oleh seluruh Komisioner KPID Sulteng, Perwakilan Loka Monitoring SFR Palu Mahyudin. Sementara itu dari Pihak Radio Mosinggani FM dipimpin oleh Kasrem 132/Tdl, PLH.Kapenrem, Kaajenrem, Kabintalrem, Pasi Wanwil Siter Rem 132/Tdl, Sdr.Albert dan Para Penyiar Radio Mosinggani FM. (afd/*)

 

About the Author

- beritapalu.net | Portal berita online, mengabarkan tentang Palu - Sulawesi Tengah dan sekitarnya...

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: