Published On: Wed, Feb 15th, 2017

JSI Pastikan Pasangan Zaenal Mus – Rais Adam Menangi Pilkada Bangkep

Jaringan Suara Indonesia (JSI) membeberkan hasil quick qount Pilkada Bangkep di Palu, Rabu (15/2/2017). (Foto: beritapalu.NET)

PALU, beritapalu.NET | Lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) memastikan pasangan nomor urut 3, Zaenal Mus – Rais Adam memenangi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep) yang digelar pada Pilkada Serentak di Kabupaten Bangkep, Rabu (15/2/2017).

Kepastian itu disampaikan Manager Strategi JSI Astariadi Kurniawan dalam konferensi persnya di Hotel Swissbell Palu, Rabu (15/2/2017) usai merekapitulasi hasil quick qount (perhitungan cepat) dalam pilkada tersebut.

Berdasarkan hitungan cepatnya, pasangan Zaenal Mus – Rais Adam meraih 39,17 persen suara. Sedangkan tiga pasangan lainnya masing-masing Irianto Malinggong – Hesmon Pandili di nomor urut 4 meraih 33,8 persen, pasangan nomor urut 2 Hery – Ajmain 14,65 persen dan pasangan nomor urut 1 Delmar – Najib meraih 12,33 persen.

Astariadi yang saat itu didampingi Supervisor Riset, Farid dan Area Koordinator JSI Isman, mengatakan qiuck qount tersebut memiliki margin error lebih kurang satu persen. “Kalaupun meleset dari perhitungan Komisi Pemilihan Umum, maka selisihnya tidak jauh dari satu persen,” sebutnya.

Ia memaparkan, quick qount yang digelarnya mengambil sample di 165 TPS dari 268 TPS atau sekitar 60 persen dari  seluruh TPS yang ada di Bangkep. Sampel tersebut dibagi dalam 2 zona yang terdiri dari 7 kecamatan di zona 1 dan 5 kecamatan di zona 2.

“Tidak ada perbedaaan signifikan dari kedua zona itu, dan dari akumulasi kedua zona itulah perolehan hasil didapatkan,” papar Astariadi.

Hasil perhitungan cepat itu disebutnya sangat valid karena selain menggunakan sampel yang cukup besar, juga dihitung berdasarkan 90,19 persen data sampel yang sudah masuk ke jaringannya.

“Cuma memang agak terlambat kami sampaikan karena ada masalah dalam jaringan komunikasi di dua kecamatan di Bangkep. Tapi itu sudah teratasi dan hasilnya sudah ada,” sebutnya.

Ditegaskan, hasil itu adalah perolehan suara hasil quick qount yang digelar lembaganya. “Versi resminya tentu menunggu KPU. Tetapi saya yakin hasil ini tidak jauh beda dengan KPU,” kata Astariadi yang sudah malang melintang dalam berbagai survey Pilkada di tanah air ini. (afd)

About the Author

- beritapalu.net | Portal berita online, mengabarkan tentang Palu - Sulawesi Tengah dan sekitarnya...

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: