Published On: Thu, Mar 17th, 2016

Meski Sering Mati Lampu, Earth Hour Tetap Ajak Padamkan Lampu

Share This
Tags

Akan Digelar Festival Hijau dan Earth Hour 2016

PALU – Meskipun Kota Palu sudah terlampau  sering mengalami mati lampu akibat pemadaman bergilir, namun Earth Hour Palu tetap mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi memadamkan lampu pada 19 Maret 2016 mendatang mulai puul 20.30 hingga 21.30 Wita sebagai simbolisasi untuk kebaikan bumi.

“Kita sadar kalau kita di sini (Palu) sering mati lampu, tapi ajakan ini hanya simbolisasi bahwa kita ingin bumi ini menjadi lebih baik,” ujar Ketua Earth Hour Palu, Royke Sandy saat konferensi persi di Black Canyon Café Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (17/3/2016).

Menurutnya, mematikan lampu selama sejam memang kelihatan kecil, namun dampaknya akan sangat besar terutama bagi bumi. Pemadaman itu lanjutnya bukan hanya di Palu namun di seluruh dunia secara serentak.

Earth Hour adalah salah satu kampanye global World Wide Foundation (WWF), sebuah organisasi konservasi dunia yang mengajak individu, komunitas, praktisi dan birokrat di seluruh dunia untuk menyatakan kepeduliannya terhadap perubahan iklim dengan mematikan lampu selama sejam pada setiap hari Sabtu minggu ketiga bulan Maret.

Royke mengungkapkan, Earth Hour dilaksanakan pertama kali di Australia 2007, lalu di Indonesia diawali di Jakarta pada 2009. Palu sendiri bersama 30 kota lainnya di Indonesia bergabung pada 2014.

Sudah banyak aksi yang telah dilakukan kata Royke yang kesemuanya memuat misi kebaikan bagi bumi, mulai dari menanam pohon, peduli sampah, hingga aksi “Rampok Plastik”.

Pada momentum Earth Hour 2016, sejumlah kegiatan sudah dipersiapkan dan akan dipusatkan di Taman GOR Palu 19 Maret mendatang. Selain itu, menggandeng pula Komunitas Hijau Palu dengan menghelat Festival Hijau.

Event ini juga mendapat dukungan dari Bappeda Kota Palu. “Ini sangat sejalan dengan program Green and Clean Kota Palu,” kata Ketua Program Pengembangan Komunitas Hujai Palu, Ahmad Erwin. (afd)

About the Author

- beritapalu.net | Portal berita online, mengabarkan tentang Palu - Sulawesi Tengah dan sekitarnya...

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. tho says:

    disesuaikan saja dengan jadwal pemadaman totoal kotapalu

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: